Apa itu Google Translate atau google terjemahan, Translate, terjemahan atau terjemahkan bahasa apa saja

Jakarta, CNN Indonesia – Dunia teknologi terus berkembang, kehadirannya semakin memudahkan manusia. Dahulu, pencetakan kamus merupakan senjata bagi mereka yang ingin mengetahui arti kata dalam bahasa asing, namun sejak tahun 2000-an teknologi telah memperkenalkan kamus seluler yang disebut Google Translate.

Aplikasi penerjemah ini memungkinkan penggunanya untuk menafsirkan teks dalam satu bahasa dan mengubahnya menjadi teks bahasa lain secara real-time dan proses terjemahan tanpa penundaan online.

Kalimat bahasa Sunda ‘abdi bogoh ka maneh’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘I love you’ kini dapat dengan mudah diartikan oleh kamus seluler ini dalam lebih dari 100 bahasa di belahan dunia lain, seperti Inggris, Prancis, Arab, Jepang, dan Makedonia.

terjemahkan,google translate,terjemahan,google terjemahan,terjemahkan google,terjemahkan,indonesia,terjemah,translate inggris indo,kamus bahasa inggris,translate inggris,translate indonesia inggris,indonesia,

Translate

Awal Mula Google terjemahkan, The Beginning of Google Translate

Pada awalnya, Google Translate hanya terbatas pada penerjemahan dalam satuan kata dan frase. Hal ini dikarenakan algoritma yang digunakan hanya membaca pola dan statistik (mesin statistik terjemahan / SMT), sehingga rumusan gramatikal yang buruk dan tidak akurat.

Namun, Google sebagai induk perusahaan terus melakukan inovasi terhadap aplikasi yang dibuat oleh Sergey Bin, Seiring perkembangannya, di penghujung tahun 2016 Google terjemahkan beralih menggunakan Google Neural Machine Translation (GNMT). Sistem ini dapat menerjemahkan seluruh kalimat sekaligus, tidak hanya menerjemahkan kata demi kata seperti robot.

Sehingga pengguna mendapatkan terjemahan yang paling relevan, yang kemudian diatur ulang dan disejajarkan sesuai dengan tata bahasa yang benar.

Terakhir, Google terjemahkan bahkan bisa menerjemahkan bahasa yang terpampang di papan nama jalan. Berikut 4 fitur yang dapat digunakan dari Google terjemahkan.

Fitur-fitur Google terjemahkan – Google Translate features

1 . Terjemahan Teks (Ketik untuk Diterjemahkan) – Text Translation (Type to be Translated)

Fitur ini adalah fitur klasik. Pengguna dapat mencari arti sebuah kata dalam bahasa lain dengan mengetiknya, Pastikan karakter yang Anda ketik sudah benar dan sesuai dengan bahasa yang ada. Namun, biasanya jika tidak sesuai aplikasi dapat secara otomatis mendeteksi kata yang tepat. Sejauh ini, setidaknya 103 bahasa dapat diterjemahkan melalui fitur ini.

2 . Terjemahan Suara (Bicaralah untuk Menerjemahkan) – Voice Translate (Speak to Translate)

Ilustrasi Ilustrasi Sony Xperia Mobile. Google Translate dapat menerjemahkan melalui perintah suara (Foto: Jeshoots)
Hanya dengan mengucapkan satu kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain, aplikasi dapat menerjemahkannya dengan cepat. Namun, saat menggunakan fitur ini pastikan suara yang masuk jelas dan bersih.

Artinya tidak ada gangguan karena akan mempengaruhi makna bahasa yang digunakan. Tidak jauh beda, jika kurang cocok biasanya mesin akan otomatis mencari kata yang tepat atau mungkin yang paling dekat.

3 . Terjemahan Kamera (Terjemahan Kamera Instan) – Camera Translation (Instant Camera Translation)

Ilustrasi memotret dengan smartphone Google terjemahkan dapat digunakan untuk mengartikan tulisan dalam bahasa tertentu melalui media foto atau gambar (Foto: Sylwia Bartyzel), Pengguna dapat menerjemahkan teks pada foto yang telah diambil atau juga dapat mengambil foto baru melalui aplikasi Google terjemahkan dengan mengetuk logo kamera.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengarahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan. Seperti tulisan pada papan jalan, pada rambu lalu lintas, dan lain-lain. Cukup ikuti instruksi di aplikasi, itu akan secara otomatis dipindai dan diterjemahkan. Namun, pastikan teks pada gambar yang diambil tidak terlalu kecil, gelap, atau buram, yang menyebabkan terjemahan menjadi tidak akurat.

4. Menulis untuk Menerjemahkan – Writing to Translate

Gunakan pensil layar sentuh, jika Anda tidak punya jari, Anda bisa. Biasanya ini digunakan untuk mendefinisikan bahasa yang tidak menggunakan alfabet Latin atau skrip Romawi.

Seperti Mandarin dengan aksara Hanzi, Thai dengan aksara Thailand, Korea dengan aksara Hangeul, Rusia dengan aksara Sirilik, atau India dengan aksara Devanagari, dan lain sebagainya, Ikuti saja formulirnya lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi, karakter akan otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.

Fitur Google Terjemahan Offline –  Offline Google Translate feature

Google terjemahkan juga dapat digunakan saat Anda tidak terhubung ke internet (offline). Apalagi misalnya saat bepergian tanpa koneksi internet sama sekali atau memang tidak ingin menggunakan paket data.

Untuk menggunakan Google terjemahkan secara offline di perangkat Android dan iOS, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan untuk mengunduh versi terbaru. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi
2. Buka aplikasi Terjemahan
3. Pilih menu di sisi kiri atas layar
4. Pilih terjemahan offline
5. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan secara offline, lalu Unduh (unduh)

Jika proses download bahasa sudah selesai, maka gunakan saja tanpa perlu terkoneksi internet. Keempat fitur Google terjemahkan di atas juga dapat digunakan bahkan saat offline.

Manfaat menggunakan Google Terjemahan : Benifits of using google translate

Pasti ada beberapa keuntungan menggunakan apapun. Begitu pula ketika Anda menggunakan alat google translate memiliki banyak keuntungan. Yaitu sebagai berikut: –

  • Anda dapat menerjemahkan kata apapun ke dalam bahasa apapun menggunakan Google trsnslate.
  • Jika Anda memiliki minggu bahasa Inggris, maka Anda juga dapat belajar bahasa Inggris dengan menggunakannya.
  • Anda dapat menerjemahkan kata apa pun secara Gratis.
  • Terjemahan Google memungkinkan Anda menerjemahkan dalam banyak bahasa, tidak hanya satu.
  • Anda juga dapat mendengarkan Audio Terjemahan yang dilakukan melalui Google terjemahkan.
  • Anda juga dapat menyimpan Trasnslate Anda di dalamnya.
  • Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat dengan mudah mempelajari banyak bahasa.

Cara menggunakan google terjemahkan – How to use google translate 

Untuk menggunakan Google Terjemahan Anda memiliki opsi berikut:

  1. Buka tautan ini di browser komputer Anda – http://translate.google.com
  2. Gunakan sebagai add-on browser yang diinstal di komputer
  3. Ekstensi Chrome Google Translate
  4. Mozilla google translate add on
  5. Unduh aplikasi Google Terjemahan di ponsel: Buka toko aplikasi seluler Anda dan telusuri dengan mengetik google translate.

जवाब दे

अपना कोमेंट लिखे
अपना नाम लिखे

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.